Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesunnahan dan Keutamaan Bulan Rojab

Mas Djazim - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menginformasikan bahwa awal Rajab 1443 H jatuh pada Kamis, 3 Februari 2022 M. Keputusan ini didasarkan pada laporan tim rukyat yang tidak melihat hilal di seluruh wilayah di Indonesia pada hari Selasa 29 Jumadil Akhir 1443 H atau 1 Februari 2022 M.

“Dari sekitar 22 titik lokasi rukyatul hilal bil fi'li yang tersebar di delapan provinsi, tidak satu pun yang berhasil melihat hilal. Hal ini rata-rata dikarenakan terhalang mendung dan hujan. Dengan demikian, maka umur bulan Jumadil Akhir digenapkan (istikmal) menjadi 30 hari," kata KH Zulfa Mustofa selaku Wakil Ketua Umum PBNU Bidang Keagamaan dan Hubungan Lembaga, pada Selasa (1/2/2022) seperti dikutip nu.or.id

Menurut Kiai Zulfa, keputusan tersebut sudah sesuai dengan tuntunan Rasulullah dan pendapat imam mazhab yang empat (al-madzâhib al-arba’ah). Yakni, ketika hilal terhalang mendung, maka usia bulan digenapkan menjadi 30 hari.

Kesunnahan dan Keutamaan Bulan Rojab
Kesunnahan dan Keutamaan Bulan Rojab

Kesunnahan dan Keutamaan Bulan Rojab

Puasa Rajab hukumnya sunnah, kapanpun itu, selama masih masuk dalam bulan tersebut. Akan tetapi hukumnya menjadi makruh jika dilakukan selama satu bulan penuh. Untuk lebih baiknya, puasa Rajab dilakukan bertepatan pada hari-hari utama dalam bulan Rajab. Seperti pada puasa ayyâmul bîdh (tanggal 13, 14, dan 15), hari Senin, Kamis, dan Jumat. Selain itu, Puasa Rajab juga bisa dilaksanakan dengan ndawud atau satu hari berpuasa dan satu hari tidak.

Bagi yang memiliki hutang puasa Ramadhan, diperbolehkan untuk mengqadhanya bersamaan puasa sunnah Rajab. Bahkan, menurut Sayyid Bakri Syattha’ (w. 1892 M.) dengan mengutip fatwa Al-Barizi, andaikan puasa tersebut hanya niat qadha puasa Ramadhan, maka, secara otomatis juga memperoleh kesunnahan puasa Rajab (Sayid Bakri, Hâsyiyah I’ânah at-Thaâlibîn, juz 2, h. 224).

Keutamaan Puasa Bulan Rojab

  • Alloh akan mengampuni dosa-dosa Orang yang berpuasa di bulan Rojab.
  • Berpuasa pada tanggal 1 Rajab, maka akan air susu yang berasal dari sungai Rajab di surga, rasanya manis melebihi madu. Selain itu, akan mendapatkan pahala puasa 1 bulan penuh.
  • Berpuasa 3 hari pada Kamis, Jumat, dan Sabtu, maka akan mendapatkan pahala seperti beribadah selama 700 tahun.
  • Berpuasa 3 hari di akhir Rajab dan menghidupkan malamnya, maka akan diberi pahala orang yang berpuasa dan beribadah malam selama 100 tahun.
  • Berpuasa 15 hari, maka keburukannya akan diganti dengan kebaikan serta diampuni segala dosa-dosa kecilnya yang terdahulu.

Niat Puasa Sunnah Rojab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى 
Artinya: Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.

Niat puasa bagi yang masih mempunyai hutang puasa Ramadhan.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ ِللهِ تَعَالَى

Amalan yang dianjurkan dibulan Rojab

  • Memperbanyak membaca Sholawat
صل الله على محمد
  • Memperbanyak membaca doa

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغنَا رَمَضَانَ

  • Mengangkat tangan dengan membaca istighfar pagi dan sore 70x

رَبِّ اغْفِرْلِي وَارْحَمْنِي وَتُبْ عَلَيَّ
  • Membaca Sayyidul istighfar 3x pagi dan sore
اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

  • Membaca masing-masing 100x
سبحان الله الحيِّ القيوم (١-١٠)
سبحان الله الاحد الصمد (١٠-٢٠)
سبحان الله الرؤوف الرحيم (٢٠-٣٠)

Itulah kabar terbaru tentang awal Rajab dan amaliyyah yang seyogyanya kita laksanakan di Bulan Rojab. Semoga bermanfaat !

Mas Djazim
Mas Djazim Blogger asal-asalan, asal nulis, asal dapet dollar. Semoga Barokah, Aamiin.

Posting Komentar untuk "Kesunnahan dan Keutamaan Bulan Rojab"