Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ekspresikan Ide dan Kreatifitas dengan Domain .ID

Mas Djazim- Domain Dot ID (.id) kian hari kian populer, dan mulai banyak dikenal banyak orang, baik dari kalangan pemula ataupun perusahaan-perusahaan besar, bahkan banyak juga konten kreator dan blogger-bloger di seluruh penjuru tanah air yang menggunakan domain yang berakhiran .id ini.

Sebagai warga negara yang baik, kita harus bangga untuk menunjukkan identitas diri kita sendiri sebagai Warga Indonesia.

Mari #ExpressingYourIDea dengan ikut berpartisipasi menggunakan domain lokal Indonesia sebagai alamat situs website atau blog kita. Ayo ekspresikan ide dan kreatifitas kita sebagai Warga Negara Indonesia agar semakin dikenal dan diakui dunia.

ExpressingYourIDea
#ExpressingYourIDea

Kelebihan domain .id dibandingkan domain lain

Selain mencerminkan identitas (ID) kita sebagai warga Indonesia (ID), website atau blog dengan Domain Dot ID, juga lebih familiar di search engine Google Indonesia. So, situs, website, dan blog kita bakal gampang terindeks dan terdeteksi dimesin pencarian terbesar di dunia tersebut.

Kepopuleran domain .id mulai naik pada awal tahun 2019, dan hingga sekarang pun masih mengalami kenaikan yang signifikan. Hal ini tak luput dari PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) yang selalu Proaktif dan gencar mempromosikan domain .id baik di sektor lokal maupun internasional.

Macam-macam domain .id

PANDI tidak hanya menyediakan domain .id saja ya guys!, Ada banyak varian nama domain yang bernaung dibawah PANDI lho !, diantaranya co.id, web.id, biz.id, ac.id, sch.id, ponpes.id, desa.id, mil.id, go.id, net.id, or.id, dan my.id.

Dengan adanya banyak pilihan yang disediakan, kita tinggal memilih nama domain yang akan beli sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita.

Harga yang ditawarkan domain .id

Bicara soal harga, domain .id dibanderol dengan harga yang bervariasi, ada yang mahal ada juga yang murah seperti domain yang saya gunakan ini (masdjazim.my.id). Domain keren ini harganya hanya 10.000 rupiah saja, baik daftar ataupun perpanjangan. Murah banget kan !?

Untuk yang lebih mahal, ada dikisaran harga 180 ribuan saja, hal ini sebanding dengan apa yang kita dapatkan, yakni domain keren dan profesional.

Dengan demikian, blog dengan domain masdjazim.my.id ini lebih terlihat profesional walaupun menggunakan domain yang harganya hanya sepuluh ribuan saja. Bahkan domain ini terbilang lebih keren daripada menggunakan subdomain gratisan dari blogspot.

Untuk langkah awal, pengalaman saya menggunakan domain my.id terbilang cukup memuaskan, mengingat harganya yang murah meriah, terutama bagi konten kreator pemula seperti saya. Selain itu, kita juga mendapatkan nama domain yang cukup profesional dan menunjukkan ID kita sebagai warga Indonesia.

Dalam waktu dekat, mungkin Saya juga berencana untuk membeli domain (.id), agar ada upgrade atau peningkatan, baik dari segi harga maupun kualitas domain. Hal ini juga seiring dengan berkembangnya blog masdjazim.my.id yang saya kelola dan mendapatkan penghasilan tambahan dari adsense.

Dengan harga 180 ribuan, saya kira cukup wort it untuk menunjang aktivitas blogging kita sehari-hari agar tambah semangat dan semakin kreatif dalam membuat konten yang bermanfaat.

Jangan lupa #ExpressingYourIDea bersama PANDI dan domain yang menunjukkan identitas diri kita sebagai Warga Indonesia. Maju terus Bangsaku, Maju terus Indonesiaku.

Mas Djazim
Mas Djazim Blogger asal-asalan, asal nulis, asal dapet dollar. Semoga Barokah, Aamiin.

Posting Komentar untuk "Ekspresikan Ide dan Kreatifitas dengan Domain .ID"